Pemerintah Desa Kebon Ayu Bersama BNNP Nusa Tenggara Barat Mensosialisasikan Pencegahan dan Penyuluhan Bahaya Narkoba

  • Desa Kebon Ayu
  • Jul 31, 2024

Rabu, 31 Juli 2024 di Aula Kantor Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. 

Hadir pula Bimaspol Desa Kebon Ayu, Pendamping Desa, Ketua BPD, Kepala Dusun, Ketua Remaja, Kader Posyandu, Mahasiswa KKN UNU NTB dan Mahasiswa KKP UIN Mataram dan Tokoh Masyarakat lainnya.

Acara tersebut di buka oleh Kepala Desa Kebon Ayu, sekaligus memberikan arahan terkait penyalahgunaan dan bahayanya narkoba kepada seluruh peserta yang hadir, ia mengatakan bahwa sosialisasi ini perlu kita adakan mengingat kondisi dan situasi seperti sekarang ini, dan saya berharap dengan adanya sosialisasi pencegahan dan penyalahgunaan narkoba ini bisa membantu para generasi muda untuk tidak melakukan apalagi sampai melakukan, karena narkoba adalah bahaya bagi tubuh kita dan bertentangan dengan hukum.

Anggraini Ninik Murnihati, SH. MH selaku Penyuluh Narkoba Ahli Madya BNNP NTB sekaligus narasumber yang di datangkan oleh pemerintah Desa Kebon Ayu, berterimakasih kepada kepala Desa Kebon Ayu karena sosialisasi seperti ini jarang di lakukan didesa.

Ia menyampaikan bahwa Sosialisasi Pencegahan dan Penyuluhan Bahaya narkoba ini, dengan tema " Generasi Muda Emas Bersinar " yaitu Bersih dari Narkoba yang artinya bahwa generasi sekarang perlu di edukasi bagaimana sih tentang cara menjauhi serta mencegah dari yang namanya narkoba.

Perlu di ketahui bahwa awal dari proses pemakaian narkoba adalah awalnya coba-coba kemudian kecanduan, bahkan sampai merusak masa depan sendiri. Banyak dari hal tersebut yang tersembunyi akan bahaya dibalik penggunaan obat terlarang tersebut.

Narkoba merupakan jenis obat-obatan yang mempengaruhi kerja otak serta fisik dan psikis, sehingga dapat menimbulkan efek adiktif atau kecanduan pada seseorang. Untuk menghindari penyalahgunaan narkoba ada beberapa kiat sebagai berikut :

  1. Hindari penasaran untuk mencoba,Dampak buruk pemakaian narkoba
  2. Lakukan kegiatan yang positif
  3. Hindari Pergaulan bebas
Acara Sosialisasi ini diakhiri dengan foto bersama para peserta dengan Pemerintah Desa Kebon Ayu di aula kantor Desa Kebon Ayu.