Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa (sekretariat) Lingkup Kantor Desa Kebon Ayu

  • Desa Kebon Ayu
  • Jan 10, 2024

Pemdes Kebon Ayu,   Pemerintah Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat desa lingkup Sekretariat Kantor Desa, menuju pemerintahan yang lebih baik dan berintegritas di aula Kantor Desa.

Pelatihan ini untuk meningkatkan tata kelola administrasi desa dengan pemberdayaan peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pelaksanaan penata Kelolaan Keuangan Desa harus lebih mengenal teknologi.

pelatihan ini diikuti oleh Kades, Sekdes, 3 Kaur dan 3 Kasi dilingkungan pemdes. Kesemuanya merupakan Perangkat Desa lingkup sekretariat di desa.

bertindak sebagai pemateri atau nara sumber pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Perangkat Desa Kebon Ayu ini ada satu orang dari Dinas PMD Kabupaten Lombok Barat Kepala Seksi Bantuan Keuangan Desa,  Ahmad Marsyuki, S.Pt. MT.

Menurut Kades Kebon Ayu Jumarsa, adanya pelatihan dan penguatan kapasitas bagi perangkat desa tersebut, diharapkan para perangkat desa akan lebih mengetahui, memahami dan menyadari serta akan lebih bertanggung jawab terhadap tugas-tugas pokok mereka sesuai dengan fungsi masing-masing perangkat desa. “Bila diketahui dan dipahami siapa mengerjakan apa, maka semua tugas – tugas dilingkungan Pemdes akan dapat berjalan secara baik dan terintegrasi satu sama lainnya,” kata Jumarsa.

Dilanjutkan Kades, jajaran Pemdes Kebon Ayu merupakan satu kesatuan namun tentu mempunyai tugas pokok dan fungsi masing sesuai regulasi yang ada. “Bagi setiap perangkat desa dalam struktur perangkat desa dapat berkerja dengan maksimal,” ujarnya.