Pengumpulan Data Survey kesehatan Indonesia 2023 (Riskesdas 2023) di Desa Kebon Ayu

  • Desa Kebon Ayu
  • Aug 30, 2023

Pelaksanaan pengumpulan data SKI 2023 di Desa Kebon Ayu telah dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2023.

Memasuki minggu Ke Empat pelaksanaan pengumpulan data oleh para enumerator SKI 2023, berbagai tangtangan awal dihadapi utamanya berkaitan dengan adaptasi para enumerator dan kesiapan lapangan. Meskipun demikian secara keseluruhan dapat diselesaikan dengan baik. Kegiatan pengumpulan data di Desa Kebon Ayu mendapat dukungan sangat baik dari Puskesmas Maupun Pemerintah Desa Kebon Ayu yang menjadi wilayah pengambilan data. Dukungan juga muncul dari aparatur setempat baik dari kecamatan, Pemdes RT, kader kesehatan dan tokoh masyarakat.

Dukungan dan bantuan Puskesmas dan berbagai pihak kepada tim enumerator ini sangat membantu enumerator dalam memulai tahapan awal tersebut. Sebagaimana terlihat dari ilustrasi foto dokumentasi lapangan saat pengambilan data di Dusun Penarukan Lauq Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat.

Pengumpulan data di Dusun Penarukan Lauq tersebut dilaksanakan Pada Hari Rabu, Tanggal 30 Agustus 2023. Mengingat batasan waktu yang pendek untuk pengumpulan data saat ini. Partisipasi luar biasa ditujukan dari kesediaan masyarakat selaku responden yang ditunjukkan dari rasio kesediaan rumah tangga untuk wawancara dibanding target rumah tangga blok sensus yang ada di Dusun Penarukan Lauq Desa Kebon Ayu.