Pelatihan Pemberdayaan Pengerajin Tenun dengan ATBM

  • Desa Kebon Ayu
  • Dec 16, 2022

 

 

Pemdes Kebon Ayu, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, melalui Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat memfasilitasi kegiatan Pelatihan Pemberdayaan Pengerajin pembuatan kain tenun dengan alat tenun bukan mesin (ATBM) kepada anggota kelompok perajin yang ada di Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung.

"Pelatihan ini diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan sekaligus menambah wawasan para perajin yang selama ini tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama" kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat H Lalu Martajaya di Gedung Centra Tenun Kebon Ayu Kecamatan Gerung.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan yang digelar selama dua hari mulai hari Selasa -  hari rabu Tanggal 13 – 14 Desember 2022 tersebut, para peserta akan mengikuti pelatihan dimulai dari tingkat dasar hingga pengembangan motif dan pengoprasian ATBM.

"Kami ingin para anggota kelompok yang saat ini sudah memulai usaha kerajinan tenun ini ke depan semakin terampil, baik dalam hal produksi maupun pemasaran sehingga usaha semakin berkembang dan mandiri," katanya.

Kegiatan yang diikuti para anggota dari 10 kelompok usaha kerajinan tenun yang selama ini sudah ada di Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung tersebut terselenggara atas kerja sama antara Pemkab Lombok Barat, Disperindag Kabupaten Lombok Barat dan Dekranasda Lombok Barat.