Maksimalkan Kesehatan Pada Anak Pemdes Kebon Ayu Rutin Melaksanakan Kegiatan Posyandu

  • Desa Kebon Ayu
  • Jul 20, 2024

Sabtu, 20 Juli 2024, kegiatan Posyandu yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan anak-anak di Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung, digelar di Balai Pertemuan Dusun Penarukan Lauq Desa Kebon Ayu. Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama NTB, menunjukkan komitmen bersama dalam memajukan kesehatan masyarakat lokal. Kelas ibu hamil juga turut diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan ini, memberikan pengetahuan dan dukungan bagi ibu-ibu yang sedang mengandung.

Kegiatan Posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Desa Kebon Ayu, setiap sebulan sekali. Keikutsertaan Mahasiswa KKN UNU NTB dalam kegiatan Posyandu merupakan salah satu bentuk pengabdian peserta KKN UNU NTB.

“Keikutsertaan kami dalam kegiatan posyandu ini merupakan suatu bentuk pengabdian kami terhadap masyarakat khususnya di Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, ini agar dapat berjalan dengan baik dan juga lancar,” kata Murti Mamunah.

Kegiatan posyandu ini diawali dengan penimbangan balita, mengukur tinggi badan, berat badan yang akan dicatat dibuku sebagai acuan posyandu selanjutnya guna melihat perkembangan anak. Kemudian menyerahkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang mana didalam buku ini berisi catatan kesehatan ibu (hamil, bersalin dan nifas) dan anak (bayi baru lahir sampai anak usia 5 tahun) serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak.

Dengan demikian, selain fokus pada kesehatan anak-anak, para ibu pun diberikan perhatian yang sama pentingnya dalam upaya menjaga kesehatan keluarga. Posyandu menjadi wahana penting dalam penyuluhan kesehatan masyarakat, terutama terkait dengan imunisasi, gizi, serta pemantauan pertumbuhan anak. Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.