PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH AN ORGANIK (KORAN BEKAS)

  • Desa Kebon Ayu
  • Sep 21, 2022

Pelatihan Pengolahan Sampah An Organik (Koran Bekas)

Pemdes - Koran bekas yang selama ini cenderung dinilai kurang bermanfaat ternyata bisa mempunyai nilai jual tinggi dengan sentuhan tangan-tangan kreatif. Seperti bisa dilihat di pelatihan yang diadakan oleh Pemerintah Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. (09/09/2022)

Salah satu peserta pelatihan menunjukkan hasil kerajinan dari koran bekas,

para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dilatih membuat kerajinan tangan menggunakan bahan daur ulang berupa koran bekas. Bermodalkan gunting, lem, zat pewarna dan lem kayu, koran bekas dapat disulap menjadi tempat tisu, Keranjang Air Mineral Gelas , vas bunga, dan kreasi lainnya.

Sementara itu,  Narasumber selaku instruktur pelatihan mengatakan jika peserta pelatihan ini meski masih banyak yang baru bergabung, namun hasilnya sangat memuaskan. “Selain di pasar dalam negeri, di luar negeri pun seperti Cina dan Thailand mempunyai minat tinggi,” jelasnya.

“Dalam satu item, Thailand sampai memesan seribu buah. Potensi pasar sangat besar. Maka dari itu pemberdayaan IKM ini sangat diperlukan. Dari hasil produk para pelaku IKM ini yang ingin menjual kepada kami, kami akan menampung dan membelinya,”

Terpisah, salah satu peserta pelatihan, Siti Saodah mengaku senang bisa mengikuti pelatihan ini. Dengan mengikuti pelatihan ini dia mengaku mendapatkan banyak pengalaman, ilmu dan bagaimana memanfaatkan barang daur ulang menjadi bernilai ekonomi. “Kami nantinya akan mempraktikkan di rumah,” bebernya.