Kunjungan Ketua Dewan Kerajinan Daerah Kabupaten Lombok Barat

  • Desa Kebon Ayu
  • Jul 14, 2022

Kamis, 14 Juli 2022, Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Halid  meninjau peserta pelatihan Teknik Pewarnaan Alam IKM Tenun Kebon Ayu tahap kedua.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Hj Khaeratun mengatakan “Pelatihan Teknik Pewarnaan Alam ini adalah salah satu hasil kerja sama antara Disperindag Kabupaten Lombok Barat dengan Pemerintah Desa Kebon Ayu. Pelatihan yang sedang dilaksanakan merupakan pelatihan lanjutan/tahap kedua, karena pelatihan tahap pertama sudah selesai dilaksanakan pada Bulan lalu.

Lebih lanjut, tujuan pelatihan ini, selain untuk mempertahankan kelestarian warisan budaya, juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi para IKM pengrajin Tenun yang ada di Desa Kebon Ayu, dengan pelatihan lanjutan ini para pengrajin dapat meningkatkan wawasannya sehingga menghasilkan Kain Tenun yang dapat bersaing dikancah Lokal maupun Nasional.

 “Melalui pelatihan tahap kedua, kita berharap akan ada inovasi yang dapat dimunculkan sebagai motif baru, baik dari segi desain maupun pewarnaan, sehingga dapat meningkatkan kualitas produksi kain Tenun sebagai ikon Lombok Barat, ungkapnya