Aksi Donor Darah Pemerintah Desa Kebon Ayu dengan Karang Taruna Karya Muda dan Instalasi Pelayanan Darah RSUD Provinsi NTB

  • Desa Kebon Ayu
  • Dec 11, 2022

Mendonorkan darah merupakan kegiatan kemanusiaan dan perbuatan baik yang sekaligus juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Donor darah dapat mengeluarkan sel darah yang sudah tua dan merangsang pertumbuhan sel darah baru. Sumsum tulang belakang akan memproduksi sel darah merah baru sebagai pengganti yang hilang, maka pendonor akan merasa lebih bugar karena memperoleh sejumlah sel darah merah baru.

Pemerintah Desa Kebon Ayu kembali menyelenggarakan kegiatan Donor Darah di akhir tahun 2022 ini, bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Kebon Ayu dan Instalasi Pelayanan Darah RSUD Provinsi NTB.

Pertama-tama peserta donor mengisi lembar pertanyaan terkait kondisi kesehatan pendonor. Selanjutnya dilakukan pengecekan hemoglobin, pengecekan tekanan darah, dan pengambilan darah. Setelah dilakukan proses pengambilan darah kemudian dilakukan uji laboratorium untuk menentukan kelayakan dari setiap kantong darah sebelum diteruskan untuk digunakan. Dalam kegiatan donor darah ini mendapatkan ± 35 kantong darah. Penyelenggaraan Donor Darah yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kebon Ayu.